Bagi Anda para pemula yang ingin memulai usaha pada bidang percetakan khususnya cetak offset maka Anda harus terlebih dahulu memahamj hal – hal dasar untuk memulai bisnis cetak offset ini. Maka dari itu disini saya akan sedikit memberikan beberapa hal – hal dasar yang harus Anda pahami sebelum memulai bisnis cetak offset ini.

  1. Order

Berbicara tentang order ini adalah salah satu hal yang sangat penting karena ketika kita membicarakan macam – macam order di bisnis cetak offset ini sangat beragam sekali maka dari itu order ini juga bisa mempengaruhi nanti dalam proses penghitungan biaya atau harga. Jadi untuk order ini kita harus sangat teliti tentang apa yang di order lalu apa bahan yang digunakan dan bagaimana prosesnya kita harus mengetahui dan mencatatnya secara detail karena catatan tersebut yang akan kita gunakan sebagai penghitungan harga.

  1. Harga

Untuk masalah harga ini Anda bisa mengambil referensi dari banyak jasa percetakan offset yang lainnya ataupun mungkin Anda bisa menetapkan harga sendiri dengan catatan order yang sudah dibuat di awal pemesanan. Nah jadi sebenarnya harga ini bisa Anda naikan jika nanti kualitas cetak Anda juga semakin baik jadi untuk masalah harga bukan suatu hal perlu untuk dipusingkan.

  1. Teknis pengerjaan order

Nah disini Anda harus sangat memperhatikan karena jika sampai Anda tidak tahu secara teknis tentang pengerjaan order dan Anda terus menerima pesanan – pesanan dari pelanggan yang lainnya padahal order yang dulupun belum selesai dikerjakan. Jadi Anda harus bisa mengontrol pesanan yang masuk.

  1. Finishing

Dalam tahap finishing ini adalah tahap yang paling menentukan karena di tahap ini Anda harus bisa memuaskan pelanggan agar nantinya pelanggan itu bisa kembali lagi memakai jasa cetak offset Anda. Maka dari itu jangan menyepelekan dengan tahap akhir.

Mungkin itulah beberapa cara yang harus Anda perhatikan sebelum memulai menjalankan bisnis cetak offset ini semoga dengan tulisan diatas dapat membantu dan juga menambah pengetahuan seputar bisnis cetak offset.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *