Dengan kemajuan teknologi konstruksi bangunan memberikan solusi terbaik untuk bahan konstruksi bangunan. Dan yang terpenting dalam lingkup konstruksi diantaranya adalah atap baja ringan, berfokus pada proses pemasangan rangka baja ringan. Sebenarnya dalam proses pemasangan rangka baja ringan sebenarnya memiliki beberapa persyaratan teknis dan langkah kerja yang sangat sistematis. Dan berikut ini adalah beberapa cara untuk memasang rangka baja ringan diantaranya ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan diantaranya adalah :

  • Persiapkan kuda – kuda, usahakan untuk kuda – kuda yang terpasang sudah kuat dan stabil dan juga terpasang dengan tegak terhadap ring balik
  • Pastikan juga kerataan dalam ketinggian dari apex dalam proses pemasangan nok dari semua kuda – kuda.
  • Ratanya sisi miring pada bagian atap
  • Cobalah untuk coating atau lapisannya tidak menimbulkan kerusakan
  • Tidak terjadinya perubahan dari bentuk yang dikarenakan kesalahan dalam pelaksanaan pekerjaan
  • Ketika semua syarat teknis sudah dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah pemasangan kuda – kuda baja ringan baru bisa dilakukan.

Ada beberapa tahap yang harus menjadi pertimbangkan dalam memasang baja ringan diantaranya adalah :

  1. Tahap Persiapan

Pada tahapan persiapan ada beberapa hal yang harus anda lakukan. Misalnya adalah gambaran dari perencanaan untuk rangka dan kuda – kuda, perlengkapan dan peralatan yang digunakan dengan metode K3, lavelig dan marking.

  1. Pemasangan Laveling dan Marking

Setelah semua persiapan sudah dipenuhi, maka langkah selanjutnya adalah pemasangan rangka baja ringan dengan proses lavening dan marking. Dalam tahapan ini harus dipastikan jika semua permukaan merata mulai dari ring balok dan siku. Pastikan juga ring balok sudah terikat dengan baik disemua bangunan dan sudah tersambung. Untuk pengukuran jarak antar truss, ada baiknya ditandai dengan posisi yang meletakkan truss sesuai dengan rencana kerja.

  1. Pemasangan kuda – kuda

Pada tahap pemasangan rangka baja ringan ketiga ini adalah pemasangan kuda – kuda. Ada baiknya memasang kuda – kuda sesuai dengan  urutan yang sudah ditandai, sesuai waktu memasang, memastikan posisi yang tepat untuk bagian kanan dan kirinya sehingga tidak terbalik.

 

.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *