Paket umroh plus wisata Turki sedang menjamur di Indonesia. Turki memang sedang naik daun sebagai destinasi wisata religi yang melengkapi perjalanan umroh. Salah satu alasan kenapa Turki menjadi tempat yang harus dikunjungi untuk wisata religi adalah karena kita bisa menapaktilasi sejarah kekaisaran Islam di Turki. Banyak sekali situs warisan sejarah Islam yang masih dilestarikan dan dirawat dengan baik di Turki. Nah apa saja tempat-tempat bersejarah yang patut dikunjungi ketika di Turki? Dibawah ini ulasannya.

  1. Blue Mosque

Destinasi pertama yang tidak bisa dilewatkan adalah Blue Mosque, atau Masjid Biru. Blue Mosque merupakan salah satu masjid yang populer di Turki. Sesuai dengan namanya, Blue Mosque menggunakan keramik berwarna biru hampir diseluruh bagian dalam dan luar masjid. Masjid ini selesai dibangun pada tahun 1616 pada masa pemerintahan Sultan Ahmed I di Istanbul.

  1. Hagia Sophia

Berseberangan dengan Blue Mosque, berdiri megah sebuah bangunan yang disebut Hagia Sophia atau Aya Sofya. Bangunan megah ini dulunya adalah sebuah gereja, dan diubah menjadi sebuah masjid pada pemerintahan Kesultanan Utsmani. Perpindahan fungsi Hagia Sophia dari gereja menjadi masjid dilakukan tanpa merusak ornamen dan arsitektur gereja sebelumnya, sehingga membuat Hagia Sophia begitu istimewa. Sekarang bangunan berkubah megah ini difungsikan sebagai museum yang menyimpan banyak catatan sejarah. Nah bagi yang mengikuti paket umroh plus wisata Turki, pastikan Hagia Sophia ada di list destinasinya.

  1. Istana Topkapi

Istana Topkapi sekarang difungsikan sebagai sebuah museum yang ramai dikunjungi para wisatawan. Istana ini diubah menjadi sebuah museum pada masa pemerintahan Mustafa Kemal Atartuk.Di Istana Topkapi ini disimpan banyak barang-barang peninggalan Nabi Muhammad SAW. Di Istana Topkapi ini para wisatawan akan diperlihatkan barang-barang peninggalan Nabi Muhammad SAW seperti pedang, cambuk, bakiak, hingga gigi Nabi Muhammad SAW yang tanggal di perang Uhud. Selain itu di Istana Topkapi ini juga ada banyak koleksi perhiasan, keramik, porselen, lukisan, dan juga peti emas untuk menyimpan jubah Nabi Muhammad SAW. Nah Istana Topkapi ini sangatlah cocok masuk ke daftar perjalanan ketika melakukan umroh plus wisata ke Turki.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *