Sebagai seorang pelaku usaha, sering kita memerlukan media promosi yang menggunakan video animasi. Tentu tidak mudah untuk membuat video animasi, sehingga sering orang menggunakan jasa video animasi. Namun, penasaran kah Anda seperti apa kurang lebih tahap-tahapannya untuk membuat video animasi? Ada satu tahap penting sebelum sebuah video animasi dibuat. Tahapan yang paling pertama itu disebut sebagai pembuatan skrip.

Skrip bisa dibilang adalah blueprint (cetak biru) dari video. Dari skrip inilah ditentukan hal-hal apa yang akan muncul di dalam video animasi. Dalam sebuah draf, harus ditentukan dulu tujuan dan arah yang jelas dari video animasi. Hal-hal seperti ini harus sudah jelas:

  • Kenapa kita membuat video animasi ini?
  • Apa yang mau dicapai melalui video ini?
  • Siapa target audiensnya?
  • Tindakan apa yang harus dilakukan penonton setelah menonton video?
  • Apa pesan utama video ini?

Setiap video animasi haruslah memiliki pesan utama. Kita harus mengubah pesan utama video itu menjadi sebuah cerita yang sederhana. Tantangannya adalah mengubah pesan utama itu menjadi cerita yang sederhana dan singkat untuk membuat penonton tersentuh. Setidaknya sebuah cerita video animasi memiliki 3 elemen berikut:

  • Bagian pancingan. Ini bagian pertama dari sebuah skrip. Untuk sebuah video 1 menit, ini berada di rentang 8 s.d. 10 detik pertama. Bagian ini menentukan apakah penonton akan tetap menyimak atau berhenti menonton. Harus ada alasan yang jelas agar penonton tetap tertarik pada video.
  • Bagian “daging”. Ini bagian utama dari video animasi. Di sinilah konten utama video dan pesan utama disampaikan. Pastikan pesan utama ini memang sesuai dengan pancingan yang sudah diberikan agar penonton tidak kecewa setelah menginvestasikan perhatiannya pada video kita. Banyak pembuat video yang membuat sebuah video yang antiklimaks, tidak setara dengan pancingan yang sudah diberikan.
  • Bagian CTA. CTA merupakan singkatan dari “call to action” yang artinya adalah panggilan untuk bertindak. Bagian terakhir video ini akan dicapai oleh penonton jika mereka menganggap pancingan dan bagian inti video bagus. Tidak hanya sekedar sampai pada ajakan ini, jika penonton begitu engaged dengan video, mereka akan melakukan juga ajakan tersebut secara riil.

Sebagai pemakai jasa video animasi, pada tahapan pembuatan skrip ini kita akan banyak berdiskusi dengan pembuat video. Tahapan ini sangat penting dan memang dari kita sebagai pemakai jasa sudah harus memiliki gambaran yang jelas akan pesan utama yang mau diberikan. Lima pertanyaan yang sudah dipaparkan di atas baiknya sudah jelas jawabannya bagi pemakai jasa video animasi.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *