Tidak harus selalu mahal, di pasaran sendiri ada juga beberapa genset murah yang tentunya berkualitas. Berikut ini adalah beberapa tips untuk membeli genset murah sesuai kebutuhan :

  1. Menentukan kebutuhan listrik

Sebelum membeli genset murah, Anda perlu memperhatikan kebutuhan listrik itu sendiri. Dalam hal ini, Anda perlu memperhatikan berapa pemakaian harian listrik, mulai dari lampu, AC, perangkat komputer, kulkas, pompa air dan yang lainnya.

Kemudian jumlahkan, lalu pilih genset yang sesuai dengan jumlah kebutuhan harian, atau yang lebih tinggi. Genset di pasaran sendiri dijual dalam skala 500 watt, 1.000 watt dan juga 1200 watt.

  1. Pilih genset sesuai kebutuhan

Hal lainnya yang juga perlu diperhatikan adalah jenis genset yang dibutuhkan, apakah standby genset, yang dipasang secara otomatis, dan langsung menyala ketika listrik padam atau menggunakan genset jenis portable. Genset jenis ini, dapat dioperasikan kapan dan dimana saja. Baik itu di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Sedangkan pada jenis genset standby, biasanya menggunakan bahan bakar gas. Pada jenis portable biasanya menggunakan jenis bensin atau solar.

  1. Perhatikan bahan bakar

Seperti yang selintas dijelaskan di atas. Bahan bakar yang banyak digunakan dalam berbagai macam jenis genset, termasuk di dalamnya genset murah adalah solar, bensin, gas, atau beberapa bahan lainnya. Genset dengan bahan bakar paling mudah ditemukan dan harganya murah adalah bensin.

  1. Harga dan kualitas

Sebelum membeli genset murah, Anda juga perlu memperhatikan kualitas masing-masing jenis genset, sekaligus menaklukan perbandingan harga. Pastikan Anda memilih genset yang harganya sesuai dengan budget yang dimiliki. Sedangkan informasi tentang kualitas genset, dapat Anda cari di media online.

  1. Pelajari cara penggunaan

Sistem pengoperasian genset ini juga ada 2 macam, yang pertama adalah dengan teknik starter, sedangkan yang kedua menggunakan teknik tarik seperti tuas. Khusus untuk teknik starter ini, biasanya ada pada genset dengan kapasitas 4000 watt.

  1. Jenis suara

Memilih genset dengan jenis suara yang dihasilkan juga dapat Anda lakukan. Biasanya genset murah memberikan suara yang sedikit lebih bising. Sedangkan untuk genset dengan suara halus, biasanya harganya sedikit lebih mahal.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *