Bukan tanpa alasan universitas meminta pelamar beasiswa menyertakan motivation letter dalam aplikasi mereka. Dari surat itu, pihak universitas bisa menilai kelayakan dan keyakinan kalian untuk mendapatkan beasiswa. Setidaknya dalam cara membuat essay beasiswa, ada tiga hal yang dapat kalian gunakan untuk menguatkan surat motivasi, yaitu:

  • Tujuan dan isi

Surat motivasi ditulis dengan tujuan membujuk atau meyakinkan pihak universitas bahwa kalian pantas menerima beasiswa. Tentu saja permohonan itu harus dikemas semenarik mungkin tanpa meninggalkan kesan formal. Maka dari itu, bungkus kelebihan dan kekurangan yang kalian miliki, tujuan, dan alasan yang kalian punya dalam kisah personal sebagai isi surat. Jangan lupa untuk memberikan penekakan di bagian kesimpulan supaya pihak universitas bersedia mempertimbangkan kalian sebagai kandidat kuat. Pastikan juga kalian sudah memakai tata bahasa yang tepat.

  • Bentuk penyajian

Sebenarnya, tidak ada ketentuan pasti soal jumlah atau batas maksimal kata yang harus kalian tulis dalam cara membuat essay beasiswa ini. Namun, sebagian besar universitas biasanya memberikan batas maksimal dua halaman untuk motivation letter. Ada juga yang satu halaman penuh. Bahkan ada yang mengaturnya lewat jumlah paragraf (4-5 paragraf per halaman). Apa pun bentuk penyajiannya, kalian harus mampu memanfaatkan kapasitas tersebut sebaik mungkin untuk mengutarakan alasan tertarik dan berhak memperoleh beasiswa yang mereka tawarkan.

  • Bahasa

Bahasa Indonesia dan bahasa Inggris adalah salah dua bahasa yang paling sering digunakan dalam menulis surat motivasi. Dalam beberapa lamaran—terutama ke jurusan atau universitas di negara lain yang tidak memakai bahasa Inggris sebagai bahasa penutur—kalian diharuskan memakai bahasa resmi setempat. Pada hakekatnya, bahasa apa pun yang nantinya kalian pakai mesti sesuai dengan kaedah yang telah diberlakukan. Jangan berpuas diri dengan menulis saja. Begitu surat rampung, tinjau dan edit beberapa kali sampai kalian yakin isinya bagus. Jika memungkinkan, minta orang lain mengulasnya.

Dengan mengikuti cara membuat essay beasiswa yang memperhatikan tiga komponen ini, kekuatan motivation letter kalian akan semakin menonjol, sehingga pihak universitas akan memperhitungkan kalian untuk menerima beasiswa tersebut.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *