Rice cooker merupakan salah satu alat elektronik yang khusus untuk memasak nasi. Untuk para ibu rumah tangga atau seorang yang suka memasak dan melakukan banyak hal di dapur, pasti sangat tahu alat pemasak nasi secara cepat dan mudah ini.  Rice cooker memiliki berbagai macam jenis, yang terdiri dari dua jenis yaitu rice cooker listrik dan gas rice cooker. Namun beberapa orang lebih memilih untuk menggunakan rice cooker gas.

Rice cooker gas bekerja dengan sangat mudah dan  hampir semua orang pasti bisa menggunakannya. Namun, bagi Anda yang belum pernah menggunakan gas rice cooker, cara menggunakan rice cooker gas juga tidak terlalu sulit. Hal tersebut dikarenakan rice cooker gas memang didesain untuk mudah dalam penggunaanya.

Gas menjadi bahan bakar lumrah, paling umum, dan paling banyak digunakan masyarakat saat ini. Gas memiliki harga yang relatif murah, dan mudah ditemukan. Adapun cara kerja dari gas rice cooker antara lain:

  1. Langkah pertama adalah hubungkan selang gas milik regulator pada lubang tabung gas. Dalam hal ini pastikan selang telah benar-benar terpasang dan terhubung dengan sempurna.
  2. Siapkan beras yang sudah dicuci dengan bersih dan masukkan dalam panci rice cooker. Sebelum dimasukkan, pastikan bagian luar panci telah dilap bersih terlebih dahulu agar tidak ada sisa air yang menempel karena dapat membuat rusak teflon gas rice cooker.
  3. Letakkan komponen rice cooker gas pada tempatnya dengan tepat dan benar seperti alas pembakar, casing luar, penutup, dan terakhir panci beras. Jika tidak tepat, gas rice cooker tidak akan berfungsi dengan baik dan nasi menjadi tidak matang sempurna. Sehingga tentu Anda harus mengulang proses masak nasi mulai awal lagi.
  4. Hidupkan pipa gas rice cooker dan pastikan sudah berada pada posisi hidup atau ON.
  5. Kemudian tekan tombol start pada bagian kiri rice cooker gas sampai ada suara klik, dan lampu indikator mulai menyala yang memberi tanda bahwa gas rice cooker telah siap untuk digunakan. Namun jika tidak ada lampu yang menyala, jangan mudah panik terlebih dahulu. Hal tersebut bisa disebabkan karena Anda kurang kuat saat menekannya dan cobalah tekan kembali sekaligus mengecek lampu indikatornya.

Waktu yang dibutuhkan dalam memasak nasi menggunakan gas rice cooker adalah lebih cepat untuk berukuran besar yaitu sekitar 20 sampai 30 menit. Dan setelah nasi matang, jangan langsung hidangkan nasi tersebut. Namun biarkan terlebih dahulu di dalam rice cooker gas untuk beberapa saat kurang lebih 10 menit saja. Proses tersebut sangat penting karena dapat membuat nasi matang dengan sempurna dan pulen ketika waktunya disajikan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *