Seiring dengan perkembangan zaman, lampu penerangan jalan kini memiliki desain yang berbagai macam, lho. Tentunya, desain lampu PJU led 30 watt tersebut disesuaikan dengan kondisi lokasi yang akan dipasangi. Misalnya saja pada taman kota, beberapa tiang lampu di desain semenarik mungkin mulai dari tampilan simple dan elegan hingga tampilan modern dan futuristik. Nah, berikut ini 2 lampu jalan unik di beberapa negara.

Lampu jalan para Smombie di Korea Selatan

Apakah anda pernah mendengar istilah Smombie? Smombie merupakan kepanjangan dari smartphone zombie. Istilah ini disematkan kepada orang-orang yang hanya menunduk sibuk menatap ponsel selagi berjalan dan tidak mempedulikan situasi di sekitarnya. Pasti anda juga pernah melakukan ini secara tidak sadar ataupun sadar. Nah, kondisi ini tentunya sangat berbahaya. Tidak hanya membahayakan diri orang tersebut saja, namun juga turut membahayakan orang lain disekitarnya.

Melihat fenomena Smombie, salah satu wilayah di Korea Selatan, yaitu Daegu, menerapkan solusi kreatif dan inovatif dalam menerapkan lampu jalan, terutama di area lampu lalu lintas. Lampu untuk para Smombie ini dipasang di bawah trotoar dekat persimpangan atau penyebrangan jalan. Fungsinya hampir sama dengan lampu lalu lintas biasanya. Pada saat lampu berwarna merah artinya mereka harus berhenti, sedangkan pada saat lampu berwarna hijau artinya mereka aman untuk menyebrang.

Dengan adanya lampu untuk para Smombie ini diharapkan angka kecelakaan akibat dari sibuk bermain ponsel dapat dikurangi. Ternyata, lampu jalan Smombie ini juga telah diperkenalkan di beberapa negara lainnya lho, seperti Jerman, Belanda, Singapura dan Belgia.

Lampu jalan warna biru di Skotlandia dan Jepang

Apabila pada umumnya lampu jalan berwarna kuning ataupun putih, lain hanya dengan lampu jalan yang ada di Skotlandia dan Jepang. Beberapa wilayah di Skotlandia dan Jepang menggunakan lampu jalanan berwarna biru. Pada awalnya, penggunaan lampu biru tersebut ditujukan untuk menonjolkan keindahan lanskap area di wilayah tersebut sehingga pemandangan yang dihasilkan lebih menakjubkan.

Namun ternyata, tanpa disengaja penggunaan lampu berwarna biru ini juga memberikan dampak lain. Beberapa wilayah yang menggunakan lampu jalanan berwarna biru menjadi lebih aman dan angka tindak kejahatannya pun berkurang. Selain itu, berdasarkan laporan dari perusahaan kereta api di Jepang, penggunaan lampu stasiun yang berwarna biru juga berdampak pada menurunnya tingkat bunuh diri di area tersebut.

Walaupun belum ada penelitian yang jelas terkait hal tersebut, namun sebagian pakar psikologi memiliki penjelasan yang masuk akal mengenai hubungan antara penggunaan lampu jalanan berwarna biru dengan angka kriminalitas dan bunuh diri yang menurun. Manusia seringkali mengasosiasikan warna biru dengan langit dan laut, dimana hal ini memberikan efek yang menenangkan bagi orang yang gelisah ataupun orang yang sedang terobsesi pada suatu hal. Selain itu, warna biru juga erat kaitannya dengan perdamaian dan keamanan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *