Percetakan kalender adalah salah satu cara  untuk kita mengetahui tanggal dan hari selama satu tahun kedepan. Namun tahukah anda jenis kalender yang sering digunakan di Indonesia? Jika belum yuk simak ulasannya berikut ini.

Jenis Kalender Yang Sering Digunakan Oleh Masyarakat Indonesia

  1. Kalender Masehi

Jenis kalender yang pertama adalah kalender masehi, tentu seluruh masyarakat sudah mengetahuinya. Sejarah singkat mengenai kalender masehi ini mulai dihitung oleh sebuah peristiwa kelahiran yesus di Nazaret. Pada zaman dahulu pergerakan matahari digunakan sebagai patokan perhitungan kalender.

Kalender ini memiliki kalkulasi dalam satu tahun berjumlah 12 bulan dan 7 hari dalam satu minggu. Hal inilah yang menjadikan kalender masehi sangat mudah digunakan sebagai alat berkomunikasi dengan seluruh belahan dunia.

  1. Kalender Hijriah

Kalender Hijriah digunakan  sebagai penanggalan umat islam. Hal ini disebabkan oleh peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad ke kota Makkah dan Madinah yang terjadi pada tahun 622, saat itulah umat islam mulai memperhitungkan kelender ini dengan tujuan menentukan bulan dan tanggal dari hari raya umat Muslim.

  1. Kalender Jawa

Pada zaman dahulu orang jawa menggunakan kalender jawa untuk menentukan tanggalan. Bisa dibilang kalender jenis ini menjadi yang paling rumit, kenapa begitu? Karena kalender Jawa ini menggunakan dua siklus yaitu, mingguan dan pancawarna atau 5 hari pasaran. Namun, anda tidak perlu khawatir dengan adanya Percetakan kalender, anda bisa dengan mudah mengetahui kalender Jawa. Jadi anda tidak perlu lagi menghitungnya secara manual.

  1. Kalender Sunda

Kelender sunda ini sangat mirip dengan kelender masehi, yang membedakannya hanyalah nama-nama hari, minggu dan bulannya saja. karena kelender sunda ini memiliki urutan bulan Kartika, Margasira, Posya, Maga, Palguna, Setra, Wesaka, Yesta, Asada, Srawana, Badra dan Asuji. Sedangkan yang lainnya mempunyai kesamaan baik dari jumlah hari dan minggu dalam satu bulan.

  1. Kalender Saka

Kalender saka ini berasal dari negara India. Mereka memperhitungkan hari dan bulan dengan cara menggabungkan penanggalan dengan bantuan matahari dan bulan. Caranya pun sangat mudah, anda hanya tinggal menentukan penanggalan lokal, kemudian ditambahkan dengan kalender Saka pada wilayah Jawa dan  Bali.

  1. Kalender Saka Bali

Mendengar nama kalender Saka Bali, pasti yang terlintas di pikiran anda adalah masyarakat Hindu yang ada di Bali. Identik dengan namanya, kalender ini adalah sebuah perkembangan dengan kalender Saka. Untuk memperhitungkannya anda bisa melihat posisi matahari dan bulan.

Demikianlah ulasan singkat yang bisa kami sampaikan mengenai jenis kalender yang sering digunakan oleh masyarakat di Indonesia, nah untuk anda yang tidak mau lagi repot menghitung tanggal dan hari, sekarang hadir Percetakan kalender yang akan mempermudah anda untuk mengetahui hari, tanggal dan bulan.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *