Saat Anda akan memesanĀ menu untuk nasi kotak, selain menyesuaikan dengan anggaran, terkadang Anda juga dihadapkan dengan banyak pilihan menu sajian yang dapat bebas dipadu padankan. Agar tak kebingungan, berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam memadukan menu nasi kotak Anda :

Pilih jenis masakan

Saat akan membuat nasi kotak, Anda perlu menentukan dahulu nasi kotak dengan jenis masakan seperti apa yang Anda inginkan. Anda dapat memilih menu masakan Indonesia yang beragam, misalnya masakan Padang, masakan khas Sunda, dan lain – lain. Dengan menentukan jenis masakan yang jelas, padupadan menu makanan dapat dilakukan dengan tepat.

Tentukan daftar lauk yang dipilih

Memikirkan menu untuk nasi kotak tentu tak lepas dari pilihan lauk utamanya. Setelah memiliki ide jenis masakan yang dipilih, tentu akan semakin mudah bagi Anda untuk menentukan lauknya. Bila Anda memilih menu masakan Sunda, tentu pilihannya akan jatuh pada ayam goreng dengan pelengkap lalapan, kerupuk dan sambal. Pilihan menu masakan untuk nasi kotak khas Padang pun juga akan berbeda. Lauk masakan padang tentu tak jauh dari rendang, telur balado atau ayam bakar bumbu padang. Anda dapat memilih salah satu lauk utama yang Anda pilih di antara banyak pilihan tersebut.

Pasangkan lauk yang dipilih dengan pilihan sayur yang tepat

Setelah Anda menentukan lauk yang dipilih, tentu selanjutnya Anda perlu menentukan pilihan sayur yang tepat untuk pelengkapnya. Bila lauk yang Anda pilih kering, seperti empal daging atau ayam goreng, maka Anda dapat memadukannya dengan sayur yang agak basah. Bila lauk yang Anda pilih merupakan lauk dengan rasa pedas, sebagai penyeimbang Anda dapat memilih pilihan sayur yang tidak pedas, dan begitu pun sebaliknya.

Jangan lupakan kebutuhan gizi seimbang

Pada menu untuk nasi kotak Anda, tak hanya memastikan bahwa olahannya enak, namun Anda juga perlu memperhatikan apakah telah memenuhi kebutuhan gizi seimbang. Bila Anda telah menemukan lauk dan sayur, tidak ada salahnya bila Anda juga menambahkan sambal, acar atau kerupuk sebagai pelengkapnya.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *