Trend investasi yang semakin digemari membuat banyaknya pilihan-pilihan investasi yang bisa digunakan. Salah satu yang paling populer adalah investasi Reksadana. Bagi Anda yang belum pernah memulai investasi melalui Reksadana, berikut ini 5 cara memilih reksadana terbaik untuk pemula:

Pahami apa itu Reksadana dan bagaimana cara kerjanya

Sebagai pemula, reksadana akan terlihat sedikit rumit, namun sebenarnya semuanya bisa dipelajari dengan perlahan. memang Anda sebaiknya mulai dengan mencari tahu hal-hal dasar mengenai Reksadana. Hal ini sangat penting sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi melalui instrumen yang satu ini. Hal mendasar tersebut bisa dimulai dengan memahami apakah yang dimaksud dengan Reksadana dan seperti apa sistem kerjanya.

Tentukan tujuan dan pilih jenis Reksadana

Setelah Anda merasa yakin dengan metode kerja Reksadana, Anda dapat menentukan tujuan dalam berinvestasi di Reksadana, hal ini termasuk menentukan apakah Anda akan memulai investasi untuk jangka pendek atau panjang serta memutuskan seberapa besar investasi yang akan Anda gunakan. Setelah menentukan semua hal tersebut, langkah Anda untuk memulai investasi akan lebih mudah dan terarah. Anda juga dapat dengan mudah menyesuaikan kebutuhan Anda dengan tawaran investasi yang ada di Reksadana.

Sebelum memulai investasi, baiknya Anda kuasai istilah di Reksadana

Reksadana memiliki banyak sekali istilah-istilah yang digunakan saat berinvestasi. Beberapa diantaranya adalah NAB (Nilai Aktiva Bersih), UP (Unit Penyertaan), Subscription, dan Redemption. Apabila Anda belum mengetahui sebutan-sebutan ini, tentu Anda akan mengalami kesulitan saat mulai berinvestasi nantinya. Pemahaman mengenai beberapa hal ini sangat penting terlebih lagi apabila Anda memiliki rencana untuk melakukan investasi dalam skala besar dan jangka waktu yang lama.

Pelajari tahapan-tahapan investasi Reksadana

Apabila Anda sudah berada di tahap cocok untuk menanamkan investasi di Reksadana, tahapan selanjutnya terkait cara memilih reksadana terbaik untuk pemula adalah memilih dan menentukan jenis Reksadana yang sesuai dengan Anda. Penentuan ini bisa dilakukan dengan mempertimbangkan seberapa besar keuntungan yang Anda inginkan atau apakah Anda berani untuk mengambil risiko yang tinggi selama berinvestasi, serta bagaimana tanggapan nasabah pada produk Reksadana yang Anda pilih. Tahap ini harus diperhatikan dengan baik karena akan mempengaruhi bagaimana investasi Anda kedepannya.

Sebelum memulai, ada baiknya Anda melakukan simulasi terlebih dahulu

Setelah berhasil mengikuti setiap tips di atas, Anda baiknya melakukan percobaan untuk melakukan investasi di Reksadana. Simulasi ini dapat berupa perkiraan hitungan dan proses investasi yang akan Anda jalani nanti. Hal semacam ini dapat Anda pelajari sendiri melalui beberapa kanal yang tersedia.

Itulah beberapa tips penting mengenai cara memilih reksadana terbaik untuk pemula yang harus Anda pahami. Tips ini dapat membantu Anda untuk meminimalisir kesalahan-kesalahan saat berinvestasi kedepannya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *